IBX59D646011D333

Sedikit Informasi Mengenai Efek Visual

Jurusan animasi merupakan salah satu jurusan yang cukup banyak peminatnya. Sekolah media kreatif merupakan sekolah yang mengajarkan para siswanya mengenai pengetahuan dan keterampilan terkait industri hiburan.

Industri ini memiliki cukup banyak penggemarnya. Mungkin, kamu juga salah satu penggemarnya. Kamu suka nonton film-film asal negara Paman Sam? Memang industri hiburan, khususnya film, berkembang sangat pesat.

Informasi Mengenai Efek Visual

Film-film dari berbagai genre, mulai dari drama, aksi laga (action), hingga animasi/kartun, telah diproduksi di negara tersebut. Seperti sudah kita ketahui jika film-film animasi yang sukses di pasaran, diproduksi oleh beberapa studio besar.

Dan, film-film animasi tidak muncul sesering film-film bergenre lain. Film-film animasi biasanya membutuhkan budget yang lebih besar daripada film-film drama.

Kini pesaing film-film animasi dalam hal budget adalah film-film aksi laga. Pada masa lalu memang film-film aksi laga pada umumnya hanya menampilkan adegan baku hantam atau efek ledakan-ledakan.

Namun kini beberapa adegan dalam film-film aksi laga semakin memikat dan akan semakin berbahaya jika dilakukan secara langsung. Penggunaan special effects semakin sering digunakan.

Special effects yang dalam Bahasa Indonesia diartikan efek khusus adalah ilusi atau trik yang digunakan dalam TV, film, teater, video game, dan industri simulator untuk mensimulasikan suatu peristiwa yang digambarkan dalam dunia maya atau cerita.

Menurut situs Wikipedia, efek khusus dibagi menjadi dua bagian, yakni Efek Visual (Visual Effects) dan Efek Khusus Praktis (Practical Special Effects). Efek Khusus Praktis dilakukan secara manual atau berbagai teknik yang dibuat secara langsung saat pengambilan gambar/syuting (shooting).

Sementara itu, Efek Visual (VFX) lebih mengandalkan teknologi komputer. Efek visual juga dianimasikan. Sejak sekitar tahun 1990-an, Computer Generated Imaginery (CGI) telah mengambil peran besar dalam teknologi efek khusus.

Di beberapa sekolah media kreatif, pada jurusan animasi juga diajarkan tentang cara membuat efek khusus ini.

Seiring perkembangan zaman, efek visual menjadi pelengkap dari efek khusus praktis. Biaya yang dibutuhkan relatif lebih rendah dan akan memberikan keamanan lebih besar pada saat membuat film. Ditambah pula, hasil yang ditampilkan akan lebih meyakinkan.

Para pembuat efek khusus ini tentunya memiliki pengetahuan dan keterampilan agar menghasilkan tampilan yang tampak nyata di hadapan para penonton.

Efek visual menyertakan rekaman live-action dan citra yang dihasilkan untuk                                     
mendapatkan gambar yang diinginkan. Film-film dengan efek visual mencengangkan pada umumnya diproduksi oleh studio-studio film besar.

Meski kualitas tidak sebagus studio-studio besar namun para pembuat film independen juga bisa membuat film dengan efek visual karena tersedianya berbagai perangkat lunak untuk itu.

Untuk bisa membuat sebuah VFX, kamu bisa mempelajarinya sendiri tapi untuk menjadi mahir, mungkin kamu perlu belajar dari orang yang telah berpengalaman.

Untuk itu, kamu bisa belajar di sekolah jurusan animasi, SAE Institute Indonesia. Kenapa jurusan animasi SAE Institute Indonesia?

Jurusan animasi di SAE Institute Indonesia terbagi atas beberapa bagian dimana salah satunya adalah mengenai Visual Effects and Animation dan 3D Animation & VFX.

Di sekolah ini kamu akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dari para tenaga pengajar yang telah berpengalaman di industri kreatif. Di tempat ini, kamu bisa mempelajari teknik dan cara menggunakan perangkat lunak untuk menghasilkan VFX yang luar biasa.

Dengan memilih jurusan animasi di SAE Institute Indonesia, kamu bisa mewujudkan mimpi menjadi seorang pembuat VFX handal.

0 Response to "Sedikit Informasi Mengenai Efek Visual"

Post a Comment

IBX59D646011D333