IBX59D646011D333

5 Tips Merawat Anak Kucing yang Lahir dengan Tubuh Sangat Kurus

Apa yang Anda rasakan saat kucing peliharaan yang biasa menemani anak balita Anda bermain baru saja melahirkan 5 ekor anak kucing yang lucu? Senang bukan? Tapi bagaimana jika salah satu di antaranya memiliki tubuh kurus? Cara merawat anak kucing yang kurus ini tentu berbeda dari merawat anak-anak kucing lainnya yang bertubuh normal.

Seperti halnya bayi manusia, kucing bertubuh kurus lebih mudah terserang penyakit. Apalagi jika kondisi kurusnya itu bukanlah faktor keturunan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebabnya, mengobati, kemudian merawatnya denagn lebih telaten. Untuk lebih jelasnya, simak 5 cara dan tips merawat anak kucing yang kurus berikut ini.

Anak Kucing

1. Menjaga Suhu Tubuhnya

Suhu tubuh yang diperlukan anak kucing adalah suhu hangat, sekitar 36-370C. Jadi, sama seperti suhu tubuh manusisa. Anda bisa mencoba memberikan selimut hangat untuk membungkus rapat tubuhnya, tapi usahakan jangan sampai membuatnya kesulitan bernapas atau bergerak.

Jika kandangnya berbentuk jaring, beri lapisan di sekeliling dan bagian atas kandang dengan kain tipis seperti kain penyaring air kelapa. Dengan begitu, anak kucing tidak merasa kedinginan karena tiupan angin bisa sedikit terhalang karena 'perisai' kain tersebut.

2. Beri Asupan Bergizi

Asupan yang memiliki kandungan gizi tinggi bisa membantu mempercepat pertumbuhan dan perkembangan anak kucing. Anda bisa memberikan telur yang sudah banyak kita ketahui mengandung protein cukup tinggi. Tapi jangan lebih dari 2 butir untuk tiap pekannya.

Selain itu, untuk minumannya, Anda bisa memberikan susu putih hangat. Sangat dianjurkan untuk memberinya susu bayi non sapi yang bisa Anda peroleh di apotik. Susu tersebut lebih mudah dicerna usus kucing yang merupakan jenis hewan karnivora obligat. Susu formula ini bisa Anda jadikan asupan tambahan jika induknya pun rutin memberikannya susu.

Selain itu, sebaiknya hindari susu rasa coklat dan makanan pantangan lainnya seperti anggur, kismis, bawang, alpukat, alkohol, dan xylitol (biasa ada di permen karet). Semua makanan tersebut bisa memperburuk keadaan anak kucing yang kurus. Sesekali Anda bisa memberinya dry food sebagai camilan, tapi hindari yang menggunakan zat pewarna tidak alami.

3. Membuatnya Tetap Aktif

Tubuh kurus dan terlihat lemah janagn dijadikan alasan untuk menoleransinya tidur sepanjang hari. Meski memang kucing merupakan 'hewan tidur', Anda tidak boleh membiarkannya 24 jam berada di kandangnya. Beri dia stimulus mainan atau sekadar memainkan jari Anda di hadapannya.

Cara ini juga bisa dijadikan sebagai tips praktis merawat anak kucing lainnya agar menjadi lincah dan tidak ragu untuk berinteraksi dengan manusia. Anda bisa mulai dari membelainya, memberi stimulasi dengan memainkan jari di hadapannya hingga mata dan kepalanya tertarik untuk mengikuti gerakan tangan anda.

4. Memberinya Vitamin 

Asupan tambahan berupa vitamin bukan hanya dibutuhkan manusia yang kurus, tapi kucing juga bisa gemuk dengan asupan tambahan ini. Anda juga bisa memberinya minyak ikan yang efektif meningkatkan nafsu makan sehingga dia bisa cepat gemuk. Oleskan minyak ikan dan vitamin atau coba buka mulutnya. jika sulit, Anda bisa campurkan pada makanannya.

Tapi, Anda juga tidak boleh berlebihan dalam memberinya vitamin. Jika pada manusia, kelebihan vitamin bisa mmebuat diare. Sedangkan pada kucing bisa mengakibatkan pertumbuhan bulu yang tidak bagus serta mudah rontok.

5. Check up atau Memberinya Vaksin

Tips terakhir ini juga berlaku untuk kucing lainnya yang lahir denagn berat normal (tidak kurus). Untuk anak kucing kurus, vaksin membantu menjaganya agar tidak mudah sakit sehingga bisa tetap semangat untuk makan dan lincah beraktivitas. Sedangkan untuk anak kucing lainnya, berperan menjaga nafsu makan.

Tapi, untuk semua asupan dan cara merawat anak-anak kucing tersebut, Anda bisa mengonsultasikannya pada dokter hewan atau penjual pet’s food. Mereka lebih tahu tentang asupan terbaik untuk hewan kesayangan Anda.

Dengan menerapkan kelima cara dan tips tersebut, Anda tidak perlu terlalu merisaukan lagi efek kurus dari anak kucing yang baru lahir. Cara merawat anak kucing bertubuh kurus yang tepat bisa segera menormalkan kembali berat badan mereka. Anda hanya perlu bersabar dan telaten saat merawat mereka.

0 Response to "5 Tips Merawat Anak Kucing yang Lahir dengan Tubuh Sangat Kurus"

Post a Comment

IBX59D646011D333