IBX59D646011D333

Tips Memilih Sleeping Bag yang Tepat Bagi Para Pemula

Untuk Anda yang menyukai kegiatan outdoor terutama mendaki gunung tentu saja sudah mengerti perlengkapan apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendukung kegiatan pendakian Anda. salah satu perlengkapan yang memiliki peranan penting adalah sleeping bag. Selain bisa digunakan sebagai alas tidur, perlengkapan yang satu ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya hipotermia karena suhu di atas puncak gunung yang selalu dingin. Belakangan ini kegiatan mendaki gunung semakin digemari oleh banyak orang, maka banyak produsen perlengkapan outdoor yang memanfaatkan sebagai peluang bisnis. Contohnya seperti alat yang biasa dipakai sebagai alas tidur ini juga sudah tersedia dalam berbagai macam dengan desain model yang bervariasi.

Sleeping Bag

Ada banyak sekali bahan yang digunakan untuk membuat alas tidur saat Anda berada di gunung. Masing-masing menawarkan keunggulan atau kelebihan yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum Anda membelinya. Akan tetapi, bagi para pemula yang baru saja menekuni hobi mendaki gunung biasanya masih bingung menentukan jenis alas tidur yang tepat untuk mereka gunakan nantinya, sebelum membahas bagaimana cara memilih alas tidur yang tepat saat di atas gunung ada 3 jenis bahan terfavorit yang paling populer dan sering dipilih oleh para pendaki profesional, antara lain:

1. Sleeping bag berbahan polar.
Alas tidur yang satu ini sebenarnya memiliki dua lapisan yang biasanya terbuat dari bahan parasut dan bahan polar. Memiliki kelebihan yang lebih praktis saat proses packing karena tidak akan menghabiskan banyak tempat, akan tetapi karena bahannya yang tipis membuat alas tidur jenis ini akan mudah di tembus oleh suhu dingin.

2. Bahan dacron.
Alas tidur berbahan dacron ini umumnya memiliki tiga lapisan, jadi sudah pasti bisa memberikan kehangatan untuk tubuh Anda dan mampu menahan udara dingin.

3. Bahan polar dan dacron.
Alas tidur jenis ini di ciptakan bagi para pendaki yang memang membutuhkan kenyamanan tingkat tinggi saat berada di atas gunung, Anda akan merasakan kehangatan karena lapisan polar yang ada, dan juga tidak mungkin di tembus udara dingin karena lapisan dacronnya. Akan tetapi, alas tidur jenis ini biasanya akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Setelah mengetahui bahan alas tidur yang paling banyak digunakan saat berada di atas gunung, dibawah ini akan kita bahas bagaimana cara memilih alas tidur yang paling tepat, yaitu:

Memilih bahan alas tidur sesuai dengan kebutuhan Anda.
Anda bisa memilih bahan alas tidur yang akan Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda, namun jika budget Anda mencukupi akan lebih baik jika Anda memilih alas tidur dengan kualitas bahan terbaik.

Alas tidur yang memiliki penutup kepala.
Karena nantinya Anda akan bermalam di daerah dengan suhu dingin, maka usahakan Anda memilih alas tidur yang memiliki penutup dibagian kepala. Hal ini bertujuan supaya seluruh tubuh Anda dapat merasakan kehangatan dan mencegah terjadinya penyakit hipotermia.

Mengecek bagian resleting.
Sebelum memutuskan membeli alas tidur yang Anda inginkan, pastikan terlebih dahulu jenis resleting yang digunakan adalah resleting terbaik, karena jika kualitas reseltingnya kurang baik, maka udara dingin tetap bisa menembus ke dalam tubuh Anda.

Fitur tambahan.
Anda juga perlu memperhatikan bagian fitur tambahan lain seperti saku, kantong untuk membungkus alas tidur itu sendiri dan garansi yang diberikan oleh toko penjualnya sebagai pertimbangan saat akan membelinya.

Itulah beberapa tips memilih sleeping bag yang paling tepat untuk Anda yang masih tergolong pemula dalam dunia pendakian.

0 Response to "Tips Memilih Sleeping Bag yang Tepat Bagi Para Pemula"

Post a Comment

IBX59D646011D333