IBX59D646011D333

5 Trik Hemat dalam Menyambut Tahun Ajaran Baru

Setelah libur panjang, sudah saatnya anak kembali bersekolah di tahun ajaran baru. Banyak orang tua yang mulai disibukkan dengan membeli perlengkapan sekolah dan kuliah anak-anaknya.  Kegiatan satu ini kerap kali berpotensi menguras keuangan. Selain karena daftar kebutuhan yang harus dibeli juga tak sedikit, momen tahun ajaran baru di tahun ini kebetulan amat berdekatan dengan Lebaran.

Hemat Menyambut Tahun Ajaran Baru

Mengingat masih banyak kebutuhan lain yang membutuhkan biaya, kamu harus pintar-pintar dalam mengatur anggaran untuk kebutuhan satu ini. Biar lebih hemat, kamu bisa gunakan 5 trik berikut.

Buat daftar belanja

Pertama-tama, kamu harus membuat daftar belanja selayaknya belanja kebutuhan sehari-hari. Sebab, akan ada segudang kebutuhan ketika anak akan mulai bersekolah. Dengan membuat daftar belanja dan menyusunnya berdasarkan bujet, pengeluaranmu tidak akan membengkak. Pastikan untuk membuat daftar belanja dari jauh-jauh hari supaya kamu bisa pertimbangkan dengan matang prioritas barang yang harus dibeli.

Lakukan inventarisasi
Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan inventarisasi. Sebelum memutuskan untuk belanja keperluan sekolah, periksa dulu barang yang masih ada di rumah. Pilih peralatan sekolah mana yang masih bagus dan bisa dipakai lagi, mana yang harus dibuang, dan mana yang perlu dibeli baru sebagai pengganti yang lama. Saat pergi belanja bersama si kecil, tolak permintaannya jika mereka mulai merengek minta dibelikan peralatan sekolah yang disukai dengan memberikan pengertian.

Gunakan KJP
KJP (Kartu Jakarta Pintar) merupakan program yang memberikan akses kalangan tidak mampu agar dapat mengenyam pendidikan minimal hingga SMA/SMK. Maksimal nominal penerima dana KJP untuk SD & PKBM adalah sebesar Rp100 ribu per bulan, SMP dan sederajat sebesar Rp150 ribu per bulan dan SMA sederajat sebesar Rp200 ribu per bulan. Pengguna KJP bisa membelanjakan bantuannya secara nontunai di toko-toko yang menyediakan mesin pembayaran EDC. Trik yang satu ini bisa menghemat pengeluaran dalam jumlah yang lumayan. Sayangnya, hingga saat ini KJP hanya bisa dimanfaatkan oleh warga DKI Jakarta.

Gunakan sebagian angpao yang diperoleh anak saat Lebaran
Setiap Lebaran, anak-anak biasanya mendapat angpau dari sanak saudara dan tetangga. Apabila tidak dikontrol, kemungkinan besar mereka akan menghabiskan angpau untuk hal membeli makanan. Maka dari itu sebagai orang tua, kamu bertugas untuk mengarahkan mereka untuk mengalokasikan pemasukan tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat, seperti membeli peralatan sekolah misalnya. Bukan cuma menghemat pengeluaran, cara ini juga bisa membuat anak lebih menghargai uangnya.

Beli produk yang awet
Meski kamu harus berhemat, jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas bawang yang hendak dibeli. Cobalah untuk lebih selektif dalam memilih produk. Membeli produk dengan merek yang sudah terkenal awet mungkin akan sedikit lebih mahal. Namun dengan begitu, para orang tua gak harus sering-sering membeli peralatan sekolah yang bisa mengikis pengeluaran.

Menabung jauh-jauh hari
Tahun ajaran baru adalah hal yang selalu datang tiap tahunnya. Mengingat harga peralatan sekolah kerap melonjak tiap mendekati tahun ajaran baru, kamu sebagai orang tua sebaiknya menyiasati dengan menabung dari jauh-jauh hari. Saat masanya tiba, tak ada lagi kelabakan mencari dana tambahan kesana kemari.

Manfaatkan kartu kredit atau kredit online
Mungkin kamu sudah membuat pos pengeluaran untuk kebutuhan tahun ajaran baru. Namun, seringkali daftar keperluan yang telah dibuat bertambah banyak. Misalnya harga barang yang melonjak di luar perkiraan, atau ada kebutuhan mendadak yang membutuhkan dana besar dan tidak bisa ditunda, sehingga dana pemasukanmu terpaksa digunakan.

Untuk menyiasati hal seperti ini, kamu bisa manfaatkan fasilitas cicilan dari kartu kredit. Namun mengingat pengajuan kartu kredit membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan, kamu bisa manfaatkan fasilitas kredit online tanpa kartu kredit dari https://www.kredivo.com/. Kredivo telah bekerja sama dengan lebih dari 200 e-commerce terpecaya di Indonesia sehingga kamu bisa membeli segala kebutuhan tahun ajaran baru dengan lebih ringan. Kamu bisa memilih opsi bayar dalam 30 hari tanpa dikenakan bunga sama sekali, atau opsi cicilan dengan bunga rendah yaitu 2,95% per bulan. Dengan begitu, pemasukanmu bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak. Yuk, download aplikasi Kredivo sekarang di App Store atau Google Play Store!

0 Response to "5 Trik Hemat dalam Menyambut Tahun Ajaran Baru"

Post a Comment

IBX59D646011D333